RSS

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

07 Mar

 

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

            Manusia adalah mahluk ciptaan Allah SWT yang pada hakikatnya memiliki cipta, rasa dan karsa, hal itu menjadikan dasar terciptanya kebudayaan dalam setiap kelompok masyarakat yang berkembang jauh sebelum adanya peradaban modern saat ini. Hal itu menyebabkan beberapa hal yang menimbulkan beberapa hal yang menjadi pro dan kontra dalam kebudayaan terutama di Indonesia. Jika dilihat dari sejarah kebudayaan di Indonesia dapat dilihat dari kepercayaan yang berkembang saat ini, dulu kepercayaan bangsa kita adalah atheisme. Seiring berkembangnya jaman dan masuk orang-orang dari daerah luar Indonesia yang memiliki kebudayaan dan kepercayaan yang lebih maju, maka sedikit demi sedikit manusia pada jaman itu terbawa atau terdoktrin oleh kepercayaan dan budaya yang lebih maju dan lebih berkembang.

            Dalam hal kepercayaan, saya melihat beberapa hal tentang hubungan manusia dan kebudayaan yang masih belum bias dibedakan bagi sebagian manusia modern yang telah berifikir ilmiah. Hal ini saya jabarkan dalam kehidupan beragama, yaitu tahlilan, maulid nabi,pesta laut dan beberapa kejadian beragama lainnya. Dalam hal ini jika dilihat dari segi kebudayaan dapat dilihat sebagai dasar atheisme yang dahulu kala, manusia di Indonesia lebih banyak melakukan sesajen atau mensyukuri segala hal dengan cara tahlilan atau pesta laut bersama, hal itu merupakan kebudayaan masyarat secara turun temurun. Sedangkan pada masa modern sekarang beberapa manusia yang mempunyai pola piker berbeda menggolongkan hal tersebut musrik atau sirik dalam hal kepercayaan yang masih berkembang di berbagai kelompok masyarakat yang ada di Indonesia.

            Sebagai seorang manusia yang beragama dan berbudaya saya melihat beberapa hal tersebut dapat dilihat bahwa adanya percampuran antara budaya yang telah berkembang di Indonesia dengan Agama yang kemudian masuk secara perlahan dalam kebudayaan Indonesia. Hal ini sebaiknya kita sikapi secara bijak tanpa membenarkan atau menyalahkan hal tersebut, karena manusia akan terus berkembang dan menerapkan budaya yang berkembang dari nenek moyang manusia, tapi ada hal yang harus diwaspadai dengan masuknya budaya asing ke Indonesia, sedikit demi sedikit budaya asli Indonesia akan tergerus dengan budaya dari luar. Saya berhapap budaya Indonesia dapat dipertahankan oleh manusia yang modern namu tidak meninggalkan budaya nenek moyangnya. Hidup Indonesia.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 7, 2012 in Softskill

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: