RSS

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DAN KESUSASTRAAN

14 Mar

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DAN KESUSASTRAAN

Konsep ilmu budaya dasar merupakan suatu penerapan atau rancangan agar manusia dapat mengetahui budaya-budaya dasar, yang pada hakikatnya muncul dari cara berikap dan sifat masing-masing individu. Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara budaya dan juga budaya dasar, yang lebih berkembang dari pengaruh sikap dan kebiasaan tadi. Sedangkan sastra atau kesusastraan merupakan sesuatu kebiasaan individu pada zaman dahulu yang mengungkapkan isi atau perasaan dalam bentuk karya baik tulisan, karangan, atau aturan yang menjadi panutan bagi setiap individu-individu yang memiliki anggapan masing-masing. Sehingga pada zaman modern ini sastra menjadi suatu bidang seni bagi yang mengunkapkan perasaan baik suka duka, gundah gulana, dan sebagainya, selain itu sebagai pelajaran bagi individu-individu yang ingin mempelajarinya.

Dalam kesempatan ini saya ingin berpendapat tentang hubungan antara ilmu budaya dasar dengan kesusastraan. Menurut saya ilmu budaya dasar adalah kebiasaan atau interaksi yang menimbulkan suatu budaya yang menjadi panutan di masyarakat. Hal ini pula yang menjadi dasar terciptanya kesusastraan yang kian lama memiliki perluasan makna karena berkembangnya zaman. Dasarnya yaitu norma-norma, kebiasaan, perasaan, emosi, dan lain sebagainya. Sehingga dua hal tersebut memiliki berberapa persamaan yang mendasar dalam pembentukan budaya dasar dan juga kesusastraan, baik dari segi bahasa, penerapan, dan banyak lagi.

Seiring berkembangnya budaya yang ada saat ini banyak individu yang menilai bahwa sastra adalah karya tulis, cerpen, cerbung, novel, dan sebagainya. Padahal sastra itu terbentuk atas terjadinya budaya dalam masyarakat. Menurut saya sastra sadala ungkapan emosi manusia yang berbentuk nyanyian, puisi, tulisan, syair, dll. Emosi manusia adalah ilmu dala pembentukan budaya, marah, senang, sedih, bingung, dll., sehinggai secara langsung konsep ilmu budaya dasar menupakan factor yang dapa membentuk kesusastraan di kalangan individu atau masyarakat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 14, 2012 in Softskill

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: