RSS

Android

29 Apr
Dalam perkembangannnya android telah banyak mengalami perkebangan dalam beberapa segi, berikut adalah beberapa versi yang dikeluarkan android :
a. Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
b. Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
c. Android versi 1.6 (Donut)
Dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
d. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
e. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
f. Android versi 2.3 (Gingerbread)
Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
g. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom.
h. Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich).
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
Link artikel sumber :
Dari artikel diatas menurut kami diksinya sudah tepat dan mudah dimengerti, akan tetapi ada beberapa kata yang memerlukan perhatian khusus terutama kata-kata serapan yang berasal dari Bahasa Inggris yang mungkin kurang biasa terdengar ditelinga kita. Adapun kata-kata tersebut diantaranya yaitu :
-email electronic mail
-voice search semacam voice comand yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi dengan suara
-bluetooth software penghubung antar perangkat untuk memindahkan file dari 1 perangkat ke perangkat lainnya
-gestures perintah tangan. Sebagai contoh pada tablet touch screen , dimana setiap sentuhan jarinya memiliki fungsi yang berbeda-beda
-Javascript tulisan -tulisan yang berisikan statemen -statement untuk menjalankan program pada bahasa pemrograman Java
-wifi hotspot koneksi internet tanpa menggunakan kabel yang memiliki jangkauan wilayah
-reverb,
-equalization
– headphone alat
-virtualization proses virtual (maya) atau di sebut pemayaan
-bass boost di gunakan sebagai pengaturan suara untuk membuat suara lebih kencang
Pemilihan kata dan penggunaan bahasa pada artiket tersebut sangat khusus sehingga dalam mengartikan satu kalimat yang terdapat kata-kata yang tidak dimengerti oleh kita dimana kita harus membacanya  beberapa kali untuk mengerti maksudnya.
Isi dari artiket tersebut juga cukup jelas padat dan berisi sehingga sebuah informasi dapat diterima dan ditangkap baik oleh pembaca. Karena menurut aturan Bahasa Indonesia yang benar sebuah artikel atau karya tulis itu dapat dikatakan baik apabila sang pembaca dapat menerima informasi yang baik dan benar dari sebuah karya yang ia baca.
Saran
Baiknya kata-kata yang menggunakan kata serapan menggunakan format cetak miring untuk memudahkan para pembaca mengerti kelebihan dari tiap versi Androidnya, serta pencantuman arti kata serapan tersebut untuk memudahkan pembaca mengerti setiap makna dari kata serapan tersebut.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 29, 2014 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: