RSS

PI Dendi Batinova

09 Jun

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS E-COMERCEE

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.   Latar Belakang

Saat ini website berkembang sangat pesat. Dunia perdagangan juga telah memanfaatkan website untuk tempat berdagang di atas internet dengan metode e-commerce. Metode ini dapat merubah yang dulunya berdagang begitu merepotkan menjadi betapa efisiennya berdagang, yang dulunya berdagang harus mempunyai toko sebagai tempat berdagang, tetapi sekarang dengan metode ini kita tidak perlu harus mempunyai toko untuk tempat berdagang. Selain itu dengan metode ini pemasarannya akan semakin luas. Website e-commerce telah banyak digunakan di toko-toko kecil hingga perusahaan yang besar.

Akhir-akhir ini banyak sekali toko-toko dan perusahaan yang menggunakan website ecommerce untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan omzet mereka. Karena dengan metode ini diseluruh penjuru dunia dapat melakukan pembelian tanpa harus pergi ketoko atau perusahaan yang bersangkutan. Termasuk juga pada toko-toko sederhana, toko hijab dan aksesoris misalnya, mulai mejajaki toko online sebagai media berdagangnya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai salah satu strategi marketing untuk mencapai hasil yang optimal dalam berniaga. Mencapai profit ataupun omzet yang ditargetkan merupakan impian dari tiap yang berdagang. Semakin baik visi dan misi toko online tersebut akan semakin optimal hasil yang akan dicapai. Toko online sebagai media berdagang diharapkan membuka banyak jalan untuk memperkenalkan produk-produk yang dijual juga menjaring banyak konsumen.

Pembuatan website penjualan dengan konsep e-commerce memang tidak begitu mudah, tetapi sepadan dengan hasil yang diperoleh bahkan lebih. Apabila pembuatan website tersebut mengunakan software yang memang di peruntukan untuk membuat website, seperti Dreamweaver, Microsoft front pack, dan lain-lain. Maka akan sangat membantu mempermudah dalam pembuatan website tersebut. Karena dengan software-software tersebut akan menghasilkan kode-kode html tersendiri. Latar belakang yang telah disebutkan di atas mendorong penulis untuk membuat tugas akhir dengan judul : Perancangan Sistem Informasi Penjualan Hijab Berbasis E-commerce.

1.2.   Maksud dan Tujuan

Adapun maksud penulis membuat suatu perancangan website berbasis e-commerce ini adalah :

  1. Menerapkan dan mempraktekan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Gunadarma
  2. Memberikan kesempatan bagi penulis untuk mengembangkan kemampuan diri sendiri dalam Penulisan Ilmiah ini.
  3. Untuk merambah dunia perdagangan dengan cara yang modern, sehingga hasil yang dicapai akan lebih optimal salah satunya dengan membuat sebuah website berbasis e-commerce.
  4. Sebagai dharma bakti penulis kepada almamater Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Gunadarma
  5. Tujuan dari Penulisan Ilmiah ini sendiri adalah sebagai salah satu syarat kelulusan Jurusan Sistem Informasi (SI) pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Gunadarma

1.3.   Metode Penelitian

Metode penelitian yang dipilih harus berhubungan dengan prosedur yang ada dalam memperoleh data-data dan keterangan yang berhubungan dengan penulisan ini, penulis mengadakan metode penelitian dengan melakukan beberapa cara, yakni :

  1. Studi Pustaka

Studi Pustaka adalah metode yang dilakukan dengan cara menggunakan referensi dari buku-buku yang mendukung dalam Penulisan Ilmiah ini.

  1. Observasi

Dalam metode Observasi ini penulis mengumpulkan data dan informasi yang   diperlukan berkaitan dengan aplikasi-aplikasi yang mempunyai tema atau topik yang sejenis, sehingga penulis dapat mengembangkan aplikasinya menjadi lebih luas.

 

1.4.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup pada pembangunan e-commerce pada Toko Hijab perlu diberikan agar pembahasan tugas akhir ini dapat lebih terarah dan tidak menyimpang dari tujuan penulisan, meliputi:

  1. Otentikasi Pengguna

Sistem mampu melakukan otentikasi level pengguna. Level pengguna yang dipakai antara lain admin dan user.

  1. Pendaftaran Pelanggan

Sistem dapat menerima pendaftaran data user baru. User dapat melakukan transaksi hanya jika sudah mendaftarkan dirinya.

  1. Transaksi Pembelian

Sistem mampu menangani transaksi pembelian barang.

  1. Transaksi Pembayaran

Sistem pembayaran barang dilakukan dengan transfer antar rekening secara manual yang kemudian divalidasi oleh petugas yaitu bagian setelah pembeli mengkonfirmasi pembayaran.

  1. Pencarian Barang

Sistem mampu memberikan fasilitas pencarian barang yang dijual, pencarian berdasarkan kategori tertentu.

  1. Keranjang Belanja

Sistem mampu menampilkan keranjang belanja dengan field gambar, nama barang, kategori/model, jumlah, harga dan total harga seluruh barang yang akan dibeli.

  1. Customer service

Sistem mampu memberikan fasilitas customer service melalui komentar/testimonial.

1.5    Sistematika Penulisan

         Sistematika Penulisan yang digunakan dalam tugas akhir ini terbagi dalam beberapa pokok bahasan, yaitu :

BAB I             PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian, ruang lingkup dan sistematika penulisan.

BAB II          LANDASAN TEORI

Berisi kumpulan studi pustaka yang berhubungan dengan topik tugas akhir yang berfungsi sebagai referensi dalam pembuatan tugas akhir website e-commerce.

BAB III          PEMBAHASAN

Memuat tentang uraian, hasil kajian, temuan, ide serta pengembangan yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan dalam pembuatan aplikasi website e-commerce.

BAB IV          PENUTUP

Menjelaskan kesimpulan dari pembahasan aplikasi e-commerce ini saran untuk pengembangan serta penyempurnaan sistem aplikasi e-commerce ini.

DAFTAR PUSTAKA

 

Jogiyanto. 2005. Pengenalan Komputer. Yogyakarta : Penerbit Andi.

 

Kadir, Abdul. 2010. From Zero to Be a Pro : CSS. Yogyakarta : Penerbit Andi.

 

MADCOMS. 2008. Panduan Menggunakan Internet Pemula. Yogyakarta : Penerbit Andi.

 

MADCOMS. 2010. Kupas Tuntas Adobe Dreamweaver CSS Dengan Pemrograman PHP & MySQL. Yogyakarta : Penerbit Andi.

 

Nugroho, Adi. 2006. Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung : Informatika.

 

Prihatna, Hengky. 2005. Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional. Jakarta : Elex Media Komputindo.

 

Sarwono, Jonathan, dan Tutty Martadireja. Teori E-Commerce : Kunci Sukses Perdagangan di Internet. Yogyakarta : Gava Media.

 

Shera, Andy. 2010. Step by Step Internet M@rketing. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Suprianto, Dodit. 2005. Buku Pintar Pemrograman PHP. Bandung : Penerbit OASE Media.

 

Suryana, Taryana, dan Jonathan Sarwono. 2007. E-Commerce Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta : Graha Ilmu.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 9, 2014 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: