RSS

Pengantar Telematika

18 Okt

Soal     :

  1. Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang faktor-faktor yang mempengaruhi layanan   telematika dapat dengan mudah diakses!

 

  1. Bagaimana peranan telematika di berbagai bidang? Berikan contoh layanan telematika pada bidang pendidikan!

 

  1. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika, jelaskan!

 

  1. Apa fungsi dari telematika? Jelaskan!

 

Jawab :

 

  1. Menurut saya faktor faktor yang membuat layanan telematika mudah di akses adalah dengan di perbanyak layanan wireless atau wifi gratis yang ditempatkan pada sekolah, kampus, di taman atau tempat bermain dan tempat swalayan agar semua masyarakat dapat menikmati berbagai layanan yang ada di internet. Selain itu faktor lain untuk mempermudah akses layanan telematika adalah dengan adanya paket internet murah yang disediakan provider, agar masyarakat bisa leluasa membuka layanan internet tanpa harus kuatir akan biayanya.

 

  1. Telematika sekarang sudah sangat jauh berkembang dan mengakselerasi perkembangan di zaman informasi. Peranannya sudah menyentuh berbagai bidang dalam kehidupan, salah satu contohnya dalam bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan, peran telematika sangat membantu terutama dalam kegiatan belajar mengajar.

Dan contoh layanan telematika pada bidang pendidikan adalah :

  • Studentsite Gunadarma : dengan adanya studentsite gunadarma, mahasiswa bisa melihat melihat jadwal kuliah, bisa melihat IPK dan nilai dari setiap pelajaran, bisa mengumpulkan tugas, dan melihat informasi dengan mudah.
  • Video teleconference : disini mahasiswa atau pelajar bisa menggunakan layanan ini untuk berdiskusi dengan berbagai kalangan di dunia.
  • Perpustakaan Elektronik : Kini layanan perpustakaan dapat diakses dengan mudah dengan menggunakan layanan ini, karena semua informasi perpustakaan dapat diakses dengan internet

 

  1. Menurut saya untuk mengurangi dampak negative dari telematika adalah ,

–    Pengenalan internet harusnya dikenalkan oleh orang tua bukan oleh orang lain, jadi sejak dini seharusnya para orang tua sudah mengenalkan internet pada anaknya dan memberitahu tentang apa-apa saja yang boleh di buka dan tidak boleh dibuka di internet.

  • Menggunakan software untuk mengunci segala akses agar anak tidak membuka situs yang berbau seks dan kekerasan
  • Letakan Komputer di ruang public rumah seperti di ruang keluarga, agar pemakaian computer anak dapat terkontrol.
  • Dan kenalkan kepada anak bahwa internet itu berfungsi untuk mencari hal yang bersifat edukatif dan jauhkan anak anak dari bermain game di internet karena akan bersifat kecanduan

 

4. Fungsi Telematika tentunya sebagai sarana penyebaran informasi yang luas dan cepat , penggunaaan telematika diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat dengan berbagai informasi berguna yang tersedia khususnya untuk daerah tertinggal atau jauh dari kota besar, akan lebih mudah untuk mengetahui perkembangan info

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 18, 2014 in Pengantar Telematika

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: