RSS

Pengantar Telematika 3

27 Jan

Pembahasan kita kali ini ada 3 Soal,apa aja ya soalnya …

  1. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan fasilitas layanan telematika !
  2. Jelaskan menurut pendapat masing-masing bagaimana caranya mengurangi penyalahgunaan fasilitas layanan telematika !
  3. Apa dampak yang terjadi dari penyalahgunaan fasilitas layanan telematika, jelaskan !
Soalnya sudah, tinggal dijawab :
  1. Layanan telematika, berdampak positif dan negatif, karena semakin mudahnya layanan akses telematika tersebut, banyak yang memanfaatkan celah keamanan di layanan tersebut untuk keperluan pribadi atau kelompok. Menurut saya, faktor – faktor yang menyebabkan penyalahgunaan layanan telematika adalah :
    a. SDM, Sumber Daya Manusia yang memungkin untuk mengekploitas layanan telematika tersebut untuk kepentingan pribadi atau kelompok.
    Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, pergaulan, konten yang diakses, keperluan hidup dll. beberapa orang menganggap kegiatan seperti ini menjadi suatu kepuasan tersendiri bila berhasil melakukan hal tersebut.
    b. Peranan Orang Tua, Orang tua disini berlaku untuk pengguna dibawah umur atau remaja yang masih dalam pengawasan orang tua dalam mengakses konten digital dari layanan telematika. Bila peranan orang tua kurang maka penyalahgunaan layanan telematika dari user tersebut sangat terbuka.
    c. Faktor Kepentingan Pribadi / Kelompok. dapat dilihat dari kasus penyerangan Server SONY yang di retas oleh Oknum Hacker yang mengatasnamakan GOP dan mengambil berbagai file internal di dalam Server Sony tersebut dan mempublikasikannya.
  2. Cara Mengurangi penyalahgunaan fasilitas layanan Telematika,
    a. Pembatasan Konten yang dapat di akses oleh pengguna
    b. Peningkatan Pengawasan Konten Layanan Telematika
    c. Peningkatan Security Konten Layanan
    d. Pendidikan Konten Layanan Telematika
  3. Dampak dari penyalahgunaan fasilitas telematika
    a. Layanan telematika menjadi lebih lambat
    b. Kerusakan infrastruktur dari penyedia layanan
    c. Kerusakan data yang bersifat Private
    d. Kerahasiaan pengguna terganggu
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 27, 2015 in Pengantar Telematika

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: